Shop Forum More Submit  Join Login
ke anehan-keanehan pada lagu anak-anak...^^;

1. "Balonku ada 5... rupa-rupa warnanya...merah, kuning, kelabu..
merah muda dan biru...
meletus balon hijau, dorrrr!!!"
kenapa tiba2 muncul warna hijau ?
Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5 !

2. "Aku seorang kapiten... mempunyai pedang panjang...kalo berjalan
prok..prok.. prok... aku seorang kapiten!"
Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait
kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) . Harusnya dia tetap
konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia
bernyanyi: "mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)...kalo
berjalan prok..prok... . prok.."
nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia
bernyanyi : "mempunyai pedang panjang... kalo berjalan
dul..gondal. .gandul.. atau srek.. srek.. srek..." itu baru sesuai dg
kondisi pedang panjangnya!

3. "Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis
mandi ku tolong ibu...membersihkan tempat tidurku.."
Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur.
Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam
menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi
seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan
tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!

4. "Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali..kiri kanan
kulihat saja... banyak pohon cemara.. 2X"
Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan
motivasi!
Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi
tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu
jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke
kanan aja, liatin pohon, gak maju2!

5. "Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke
Bandung..Surabaya. . bolehlah naik dengan naik percuma.. ayo kawanku
lekas naik..keretaku tak berhenti lama"
Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak- anak kalo sudah dewasa
maunya gratis melulu.
Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta- Bandung dan
Jakarta-Surabaya!

6. "Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2
sepanjang hari dg tak jemu2..mengangguk2 sambil bernyanyi tri
lili..li..li. .li..li.. li..li"
Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita
yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya
cuit..cuit.. cuit..! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi
orang, atau orang sambil pegang burung ...... bukan burung kutilang !

7.. "Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum
susu.."
Ini jelas lagu orang dewasa dan bukan untuk konsumsi anak2 ! karena yg
disebutkan diatas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil.
Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem
ya minum susu dong !

8.Waktu gw seminar kesulitan belajar pada anak dikasih contoh lagu
nina bobo nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk
menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur dgn
lagu yg "mengancam"

9.Bintang kecil dilangit yg biru...(Bintang khan adanya malem, lah
kalo malem bukannya langit item semua tuh ?)

10.Ibu kita Kartini...harum namanya. (Namanya Kartini atau Harum?)

11.Pada hari minggu..naik delman istimewa kududuk di muka.(Nah,gak sopan
khan..)

12.Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun
kita....(kalo mau nanam jagung, ngapain dalam-dalam emang mo bikin
sumur?)

13. Cicak, cicak di dinding, diam diam merayap, datang seekor
nyamuk...hap! ...lalu ditangkap. (emang cicak bisa nangkep, kalo bisa
juga pasti cicaknya langsung jatuh, kan nangkep pake tangan 2)
  • Listening to: Selamat ulang tahun
  • Reading: Sms dan pesan ucapan selamat
  • Eating: Kue Ultah yang akhirnya malah di timpukin ke muka
  • Drinking: Air kopi yang netes dari kepala...
Add a Comment:
 
:iconafriskika:
Afriskika Featured By Owner May 10, 2010  Hobbyist Artist
hahahaha, sumpah ngakak baca jurnal nya, haha
:icongrin--plz:

Reply
:iconavalanchely:
Avalanchely Featured By Owner Nov 22, 2009  Student Digital Artist
Setuju, apalagi lagu balon...:lmao:
Reply
:iconemerel:
emerel Featured By Owner Sep 28, 2009
1. Syairnya yg benar itu "hijau, kuning, kelabu, merah muda, dan biru". Begitulah yg diajarkan guru TK-ku dulu. Wah, udah 17 tahun lalu tuh.....

2-3. NC.

4. Skedar info. Lagu ini diadaptasi dari lagu daerah Maluku berjudul "Gunung Nona". Jangan ngeres lho ya, itu nama gunung di Maluku sana. Liriknya:

(Naik-naik ke gunung nona, kusu-kusu melulu) x2
(Biar cinta tinggal cinta, mama panggil beta pulange) x2

5. Setuju dg yg ini.

6. NC.

7. Nah, ini aku juga bingung, knapa banyak orang yg nyanyi gitu? Pdhal syair aslinya tdk spt itu! Original lyric:

(Pok amai-amai, belalang si kupu-kupu)x2
(Bertepuk adik pandai, diupah air lah susu)x2

Sbenarnya lagunya cukup panjang berisi pantun2 anak, tapi aku tidak hafal semuanya.

8-9. Setuju.

10. Yg dimaksud namanya harum di sini cuma konotasi, maksudnya dikenal baik krn jasa2nya, jadi bukan orang yg bernama Harum!

11. Muka di situ maksudnya depan, duduk di muka artinya duduk di depan. Kan dlm dunia dagang juga ada istilah "dibayar di muka". Itu maksudnya dibayar di depan, dibayar dulu baru barangnya diberikan (belakangan).

12. Sekali lagi kamu mengubah syair lagu orang. Liriknya yang benar itu
(...
cangkul, cangkul,cangkul yang dalam,
tanahnya longgar, jagung kutanam.
...)
jadi, benih jagung baru ditanam setelah tanahnya longgar (gembur). Dengan kata lain, tujuan mencangkul itu utk menggemburkan tanah, BUKAN menggali lubang utk menanam biji jagung.
Klausa "menanam jagung di kebun kita" cuma ada di baris pertama sbg ajakan utk nanam jagung bersama.

13. Menangkap tidak harus dengan tangan. Laba-laba menangkap mangsa dengan jaringnya. Elang & burung hantu menangkap mangsa dengan cakar (kaki).
Reply
:iconwahyudil:
wahyudil Featured By Owner Sep 15, 2009  Hobbyist General Artist
setubuh .. eh setujuuu :D
Reply
:iconnaloo:
naloo Featured By Owner Sep 1, 2009
nyeeeeh......
okelah kalo begitu......

ya ampuuuuuuuun....
yang lagu
1. adanya hijau itu karena balon biru dan kuning agak berdekatan..biru dan kuning kalo dicampur adalah hijau..
jadi sebenarnya yang meletus 2 balon loh gnyehehehe

2.yang kapiten.. ya elah ...kayak ga tau aja...namanya juga kapiten.. minta di keprok(tepuk tangan) gituuuu makanya lagunya gituuuu biar terasa waaaaaaw gituuu...buat parade gituuuu kata orang2 gnyahahahahaha

3. weh lagu habis bangun tidur ini juga namanya masih nglindur...jadinya lupa handukan jadinya wajarkan bwahahahahaha

4.bukan bukaaaan lagu ini bukan ngerusak konsentrasiii...tapi untuk menikmati alaaaaam jadinya sebenarnya lagi istirahat duluuuuu gyahahahaha (tapi denger2 sih sebenarnya nyasar....soalnya bingung semua pohon terlihat sama kesannya...cemara gitu loh...kayak g pernah ke gunung aja gnyehehehehe)

5.bukaaaan bukaaaaaaan...itu lagu cuma buat kereta jadul ajaa yang bunyinya tuut tuut tuut...sekerang itu kalo g salah tong teng teng tong jurusan ke bandung bla bla bla ato ke surabaya bla bla bla...udah gituuu keretanya udah g bunyi tut tut tut deh....tapi pake klaksooon gitu ngooeng gitu deh gnyahahahahahaha...ptka rugi mah karena g kekurangan orang untuk keamanannya soalnya kesadaran orang indonesia masih kura gnyehehehehehehe

6.oh ituuuuu burung kutilang...sebenarnya orang lagi bermain di teater terkenal...waktu ituuuu lagi ada konser akbar di salah satu teater terkenal dunia...nah karena itu drama musikal dengan kostum hewan karena ceritanya tentang hewan...nah kebetulan tuh pas peran kutilang nyanyi disuru trilili bukan cuit cuit....yang cuit ituuu anaknya.... brahahahahaha

7.yah...yang pok ame ame ini no coment ah.....setuju ajalah gyahahahahahahaha

8.uwaaaaah emang benar kalo bintang keliatan di malam hariiii tapi jangan salah ada yang siang hariiiii ituuuu matahariiiiiii itukan juga bintang gnyahahahahaha jadi lagu ini benarkan gwahahahahaha

9.ah yang ini setuju deh....nina bobonya mengancam gyahahahaha

10.ohhhh yang ibu kita kartini harum namanya...itu beda maksud loh...inget ini lagu jaman dulu,bahasa indonesia jaman dulu ma yang sekarang udah beda loh...ada yang penurunan makna ada juga peningkatan makna ....pengertian dari lirik tersebut bukan "harum" sebagai nama dari ibu kartini...tapi sebagai istilah pahlawan sebagai wanita yang di ibaratkan sebagai bunga...sehingga harum semerbak....
jadi pengertian harum namanya ...pahlawan para wanita sebagai revolusi wanita dari jaman dahulu yang wanitanya tertindas gnyahahahaha...harum itu bisa dimaknai dengan terkenal di mana mana pada masa ituuuuu gwehehehehehe

11.bwahahahahahaha naik delman yah...lagi lagi masalah pengertian lirik jaman dulu itu berbeda dengan sekarang...
maksud dimuka itu di depan gyahahahahaha asik doooong naik di atas kudanya yiiiiiiiihaaaaaaaaaaaaaaaaa

12.ohhhh kalo cangkul yang dalem itu....menandakan betapa rajinnya para petani waktu itu..beda dengan sekarang....maunya instaaaaaaant gituuuu gyahahaha lagi pula dicangkul yang dalam adalah salah satu teknik petani untuk menyuburkan tanah...sehingga jagung yang ditanam bisa tumbuh dengan sangat super mega ultimate subur guwahahahahaha

13.ohhhh yang ini jangan samakan cicak dengan manusia dong....cicak juga hewan...dia mah bisa nangkepnya pake lidah....gyahahahaha

yah begitulah....
maaf kalo kepanjangan wahahahahahahahahaha

fiuh akhirnya hampir sejam nulisnya niihhhhh.....oke met puasa bye bye....
assalamualaikum
Reply
:iconirzaqi:
irzaqi Featured By Owner Aug 23, 2009
bukan lagu anak-anaknya...:no:
tapi situnya yg menyesatkan...:D
justru itu yg lebih berbahaya...:rofl:
Reply
:iconshiraishidilia:
shiraishidilia Featured By Owner Aug 20, 2009  Hobbyist Traditional Artist
wakakak lucu banget!
kalo dipikir-pikir iya juga yah... dulu juga sempet bingung sama lagu Balonku dan Bintang Kecil yang notabene nggak nyambung sama fakta dan realita :XD: *apa sih*

jurnalnya keren, numpang lewat sambil ketawa jadinya ^^b
Reply
:iconheart-chan:
heart-chan Featured By Owner Aug 19, 2009  Hobbyist Traditional Artist
bwahahahahaha...
OMG kocakbanget...!!!!!

lucu...bisa aja...^^
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 20, 2009
hoho...
maacih...:D
Reply
:iconemeraldyne:
emeraldyne Featured By Owner Aug 18, 2009
setubuh!!

eh...
se7!!! :D :D :XD:
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 20, 2009
:rofl:
Reply
:iconviridilly:
Viridilly Featured By Owner Aug 18, 2009  Hobbyist
HAHAHHAHAHAHAHHAAHHAAH

no.1,2,3,8,9,10,11, ma 12. :rofl:
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 20, 2009
:rofl:
WKWKWKWKWKWKWK
Reply
:iconakacchi:
Akacchi Featured By Owner Aug 18, 2009
HAHAHAH BETUL JUGA

gua baru sadar selama ini bangsa kita dijejelin lagu2 beginian, pantes aja ga maju2!!! hahahah
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 20, 2009
hoho...
karena itu saya lebih suka denger lagu-lagu anime...^^;
Reply
:iconakacchi:
Akacchi Featured By Owner Aug 20, 2009
ah saya lebih suka dengerin lagu ben ben indie :iconimseriousplz:

kita juga harus mulai mengajarkan lagu2 alternatif lainnya seperti lagu anime atau lagu nasyid nasyid pada anak2 :iconohseriousplz:

"anak2 indonesia,, dengarkan kata kata om akakun,, kalian harus dengerin lagu anime~~~~ :iconwooooplz: "

lalu terdengar lagu:.......




"love love minky momooo~~ coba kau dengarkaaan~~~ love love minky momoo~~ kau yang ada di hatikuu~~♪" :sing:
Reply
:iconjejechi-jechi:
jejechi-jechi Featured By Owner Aug 17, 2009
lololol XD
keren nih ceritanyaaaa XD

btw setuju abissss XD

lagu anak2 indonesia, meskipun itu bersifat kekanak2an, tapi agak tidak bermutu untuk mengajarkan anak2 hal yang benar lol XD

:peace:

btw saya watch yah XD
lol XD
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 20, 2009
hoho...
makasih, makasih...:bow:

makasih juga watchnya gan!!:D
Reply
:iconjejechi-jechi:
jejechi-jechi Featured By Owner Aug 24, 2009
sama2 jang :D
Reply
:iconrestless-dreamer:
Restless-Dreamer Featured By Owner Aug 17, 2009
ahahahahahaha, gilakk!!! no oke banget tuh! wkwkwkwkw...!!no 5 jugaa!
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
wa juga ngakak waktu ngetik ini...:rofl:
gak kuat!!!
HAHAHAHA!!!
Reply
:iconsnatcherkid:
Snatcherkid Featured By Owner Aug 17, 2009  Hobbyist General Artist
wakakak gue pernah baca ini, yg no 6 bikin gue ngakak paling stress :rofl:
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
emang keren nich....:D
Reply
:iconclaieth:
claieth Featured By Owner Aug 16, 2009  Hobbyist Digital Artist
ternyata asumsi saya benar jika ada yang salah dengan lagu untuk anak-anak di sini.
....Apa dengan begini saya masih bisa bilang lebih mending daripada lagu yang dinyanyikan di Idola Cilik? Karena nampaknya sama-sama menyesatkan. ^^;
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
kayaknya masih mending icil...
biar anak2 belajar saling mencintai...
lagu cinta melulu sih...^^;
Reply
:iconnanayaryougi:
NanayaRyougi Featured By Owner Aug 16, 2009
hhmpppbbb-----
na--han-- ke--ke-ta-wa...
tapii---
HWAHAHAHAHAHAHAHAHA!!
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
HWAHAHAHAHAHAAA!!!

mari tertawa berasama kawan...
:rofl:
Reply
:iconnanayaryougi:
NanayaRyougi Featured By Owner Aug 17, 2009
mari kita tertawa :icondignitylaughplz:
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...:iconranranruuplz:
Reply
:iconn-maulina:
N-Maulina Featured By Owner Aug 16, 2009  Professional Digital Artist
Aku dah tahu kalo yang no.1 tapi gak da yang percaya :rofl:
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
silahkan kirim note ini lewat FB, YM, SMS atau apapun itu biar mereka percaya...:D
Reply
:iconn-maulina:
N-Maulina Featured By Owner Aug 17, 2009  Professional Digital Artist
Hho, I will^^
Reply
:iconambone105:
AMBONE105 Featured By Owner Aug 16, 2009  Hobbyist Digital Artist
baguslah klo gitu.... biar negri kita makin ancur !!!!!


apa lagi poin no.7 "malam minum susu"... ..
"susu" siapa neeh maksudnya :P hehheheheheeh
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
bisa bikin anak-anak Indonesia jadi OMes tuh...^^;
Reply
:iconambone105:
AMBONE105 Featured By Owner Aug 19, 2009  Hobbyist Digital Artist
mungkin lebih parah :P
Reply
:iconhatefuel:
hatefuel Featured By Owner Aug 16, 2009   General Artist
wahahaha! bener juga tuh,

anak saya ntar langsung saya kasih lagu post-hardcore aja dah...
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
yoi...
masih lebih baik daripada yang diatas...
Reply
:iconrenvillio:
renvillio Featured By Owner Aug 16, 2009
Omg, terlalu kreatif. Saia lagi menahan tawa. Huahaha.
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
:rofl:
makasih!!!
Reply
:iconbzt-zt:
bzt-zt Featured By Owner Aug 16, 2009
haaaaa lucu :D
apalagi poin 5,6,7

bisa ajah nih orang~ ^^
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
kenyataan khan emang harus di sebarluaskan...:D
sebenernya gak semua saya yang bikin sih...
hasil rembukan waktu lagi ngobrol geje ama tmen2...
Reply
:iconkazutan:
kazutan Featured By Owner Aug 16, 2009
waaa bener juga tuh ehehehehehe
dasar lagu anak2 :doh:

tapi gapapa sih, daripada mereka nyanyi lagu orang dewasa ga jelas gitu kayak idola cilik ckckckck
Reply
:iconkaki-langit:
Kaki-Langit Featured By Owner Aug 17, 2009
hoho...
icil bagus juga koq, biar di masa depan anak-anak jadi lebih puitis dan pandai merayu, biar gak jomblo...
hoho...
Reply
:iconkazutan:
kazutan Featured By Owner Aug 21, 2009
apaan tuh? hahahaha :rofl:

yah, harusnya nyanyi lagunya sherina aja
Reply
:iconana-chan95:
Ana-chan95 Featured By Owner Aug 16, 2009  Hobbyist General Artist
iya tuh..ttg cinta2 an lagi...
sayangnya kita g bisa bikin lagu anak2 pop...
Reply
:iconkazutan:
kazutan Featured By Owner Aug 21, 2009
hahaha kayak lagu nya sherina waktu masih kecil aja, itu udah bagus kok :D
Reply
:iconana-chan95:
Ana-chan95 Featured By Owner Aug 21, 2009  Hobbyist General Artist
iya iya!!harusnya mereka nyanyi yang itu!!
Reply
:iconkazutan:
kazutan Featured By Owner Aug 23, 2009
kan bener hehehehehe
Reply
:iconana-chan95:
Ana-chan95 Featured By Owner Aug 24, 2009  Hobbyist General Artist
ohohohoho XDD
Reply
:iconchia-4rmfuture:
Chia-4rmfuture Featured By Owner Aug 16, 2009  Hobbyist General Artist
yep, anak Indonesia menerima terlalu banyak doktrin yang "nyeleneh" dan akhirnya berakibat pada perkembangan anak yang gak optimal...

bahkan gak cuman lagu, guru B.Indo pun juga ngasi donktrin kayak gini :
Ayah membaca koran
Ibu memasak di dapur

dan setau q realita gak selamanya menunjukkan ayahnya yang baca koran dan ibunya yang masak, bahkan ibu q sering membalikkan posisi kedua pasangan ini... :D
Reply
Add a Comment:
 
×

:iconkaki-langit: More from Kaki-Langit


More from DeviantArt



Details

Submitted on
August 16, 2009
Link
Thumb

Stats

Views
17,589 (2 today)
Favourites
0
Comments
80
×